Rimbo Bujang's Blog

Selamat datang diblog anak Rimbo Bujang

ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA SATELIT (PART 3)

Posted by poer26 pada 09/12/2012

Ka-Band (Kurtz-above band)

adalah pita gelombang mikro dari spektrum elektromagnetik dengan jangkauan antara 18 GHz – 40 GHz. Pita frekuensi Ka uplink memiliki jangkauan frekuensi antara 27.5 GHz – 31 GHz dan pita frekuensi Ka downlink memiliki jangkauan frekuensi antara 18,3 GHz -18,8 GHz dan 19,7 GHz – 20,2 GHz. Standar frekuensi ini dikeluarkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Saat ini pita frekuensi Ka diaplikasikan untuk telekomunikasi satelit, antara lain untuk keperluan internet, video conference, video telephone, data broadcasting, voice (telepon) rural/remote area, tele-medecine, tele-education, SCADA, local television (broadcasting) satellite data relay services, Inter Satellite Links (ISL), news gathering dan PC Networks. Namun demikian sebagian besar aplikasi yang akan dilayani oleh pita frekuensi Ka adalah aplikasi Internetdan Multimedia.
Satelit-satelit yang menggunakan pita frekuensi Ka antara lain:
* PCG (Hongkong/Singapura)
* Sirius 4
* DirecTV 11
* Nimiq 4
* Hylas
* Badr 5
Keuntungan:
* Tersedianya lebar pita frekuensi yang cukup besar, berkisar 27,5 GHz s/d 31 GHz.
* Tidak memerlukan antena berukuran besar. Kecilnya diameter antena pada sisi pengguna akhir, berkisar 60 cm s/d 70 cm membuat biaya yang dikeluarkan pengguna lebih rendah.
* Mampu menurunkan secara drastis latency/keterlambatan data yang biasa terjadi ketika data dikirimkan ke satelit dan ditransmisikan kembali ke bumi.
Kekurangan
* Satelit yang menggunakan pita frekuensi Ka memerlukan lebih banyak tenaga untuk mentransmisikan sinyal jika dibandingkan dengan satelit yang menggunakan pita frekuensi C.
* Semakin tinggi frekuensi Ka maka semakin rentan terhadap perubahan kondisi atmosfir, khususnya hujan[1], dimana daya emisi yang diterima akan teredam dan suhu sistem noise meningkat di sisi penerima. Hal inimenyebabkan kualitas hubungan, rasio sinyal terhadap noise akan menurun akibat nilai temperatur, suhu sistem pada sisi penerima meningkat dan penguatan pada antena penerima menurun.

Kabel

Kawat (penghantar arus listrik) berbungkus karet, plastik, dsb

Kbit/s (Kilobits per Second)

Ukuran untuk transfer data atau kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer men-download informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data di dalam jaringan. Satu kilobit sama dengan 1000 bit.

KBps

Kilobytes per second.

Koordinat

Bilangan yg dipakai untuk menunjukkan lokasi suatu titik dl garis, permukaan, atau ruang

KHz

Satuan unit frekuensi yang sama dengan 1000 siklus per detik.

Ku-band (Kurtz-under band)

Merupakan kelas pertama dari K-band. Ku-band adalah bagian dari spektrum elektromagnetik dengan jarak frekuensi dalam gelombang mikro mencapai 11,7 hingga 12,7 GHz ( downlink frequencies) dan 14 hingga 14,5 GHz (uplink frequencies).
Ku-band terutama digunakan pada satelit komunikasi, khususnya untuk penerbitan dan penyiaran satelit televisi. Ku-band juga digunakan untuk sinyal telepon dan layanan komunikasi bisnis.
Ku-band dibagi ke dalam beberapa segmen yang bervariasi berdasarkan pembagian geografis yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU). Jaringan televisi komersil pertama yang secara luas menggunakan Ku-band sebagai media untuk cabang saluran uplink-nya adalah NBC, yaitu pada tahun 1983.
– Kelebihan Ku-Band
Sistem Ku-band memiliki energi yang lebih besar untuk mencegah campur aduknya dengan sistem gelombang mikro bumi dibandingkan sistem C-band, dan besarnya energi untuk melakukan pengiriman sinyal balikke bumi juga dapat lebih ditingkatkan. Dengan sistem ini energi pengiriman sinyal berhubungan dengan ukuran piringan penangkap sinyal. Jadi semakin besar energinya maka ukuran piringan yang dibutuhkan untuk menangkap sinyal tersebut akan semakin kecil.
Sistem Ku-band menawarkan fleksibilitas yang lebih besar. Selain itu, Ku-band juga lebih tahan terhadap hujan dibandingkan dengan Ka-band. Sistem Ku-band juga lebih terjangkau dari segi biaya karena hanya memakai satu piring saja dan dapat menggunakan antena yang kecil.
– Kelemahan Ku-Band
Sistem Ku-band amat rentan terhadap gangguan cuaca, terutama ketika hujan lebat. Badai hujan yang besar dapat mengganggu jalannya proses penerimaan danpengiriman sinyal bagi satelit yang memakai sistem Ku-band. Namun untuk penerimaan sinyal televisi, sinyal dapat terganggu jika curah hujan lebih dari 100mm per jam.
Selain itu, ketika musim salju proses penerimaan dan pengiriman sinyal sistem Ku-band juga mudah terganggu oleh adanya fenomena yang disebut snow fade, yaitu ketika akumulasi jumlah salju secara signifikan mengubah titik fokal dari piringan.
Selain itu, jika dibandingkan dengan sistem C-band, sistem Ku-band membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukan pengiriman sinyal.

Latitude

Garis lintang

LCD (Liquid Crystal Display)

Adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.
Pada LCD berwarna semacam monitor, terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahayadi dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.
Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

LED (Light Emitting Diode)

Sebuah lampu kecil yang digunakan sebagai penanda atau pointer.

Limit

Dalam ilmu matematika limit adalah konsep fundamental dalam kalkulus dan analisis tentang perilaku fungsi-fungsi tertentu yangdekat dengan input.

LOF (Local Oscillator Frequency (LOF)

adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghasilkan sinyal biasanya untuk tujuan konversi sinyal untuk keperluan frekuensi yang berbeda dengan menggunakanmixer. Proses konversi frekuensi, juga disebutsebagai heterodyning, untuk menghasilkan perbedaan jumlah frekuensi serta Local Oscillator Frequency (LOF) dan masukan frekuensi sinyal yang bagus.

Low Noise Block (lnb)

Sebuah converter blok kebisingan yang rendahmerupakan suatu paket elektronik dipasang pada antena parabola yang menerima sinyal gelombang mikro dari satelit yang memantul dari parabola. Fungsinya menerima dan memperkuat sinyal lemah, sehingga lebih kuat,penyaringan kebisingan, dan mengkonversi sinyal ke frekuensi yang lebih rendah, serta mengirimkan sinyal ke kabel koaksial utk selanjutnya disalurkan ke receiver (alat penerima) didalam rumah.
jenis-jenis LNB:
*LNBF
LNBF (LNB dengan feedhorn), merupakan sebuah alat yang digunakan oleh Direct broadcast satellite (DBS) yang mengintegrasikan antena feedhorn dengan noise block converter rendah (LNB). diplexers kecil digunakan untuk mendistribusikan sinyal IF yang dihasilkan (biasanya 950-1450MHz) ditumpangkan pada kabel coaxial yang membawa frekuensi rendah televisi terestrialdari antena luar. Diplexer lain kemudian memisahkan sinyal dari set TV dan penerima / decoder (IRD) dari kotak DBS set-top.
*Universal LNB
LNB universal dapat menerima polarisasi (Vertikal dan Horizontal) dan kisaran frekuensi di satelit Ku-band.
Beberapa model dapat menerima kedua polarisasi secara simultan (dikenal sebagai LNB quattro dan digunakan dengan multiswitch) melalui empat konektor yang berbeda Rendah / Hor, rendah / Worm, tinggi / Hor, tinggi / Worm dan lainnya beralih (menggunakan vertikal dan 13 volt selama 17 atau 18 volt untuk horizontal) atau sepenuhnya diatur dalam polarisasi mereka (yang relatif langka bahwa ini memerlukan polarisor terpisah dan ini juga bukan bagian dari spesifikasi LNB universal).
Berikut adalah contoh spesifikasi LNB universal:
*LO: 9,75 GHz / 10,6 (atau 10,75 jarang) (10,6 osilator GHz dipilih dengan menerapkan tune dari 22 kabel kHz)
*Freq: 10,7-12,75 GHz (sedikit lebih besar untuk LO 10,75 GHz)
*NF: 0,7 dB
*Polarisasi: Linear
*Standard North America Ku-band LNB
Sebuah LNB dengan rentang frekuensi yang lebih kecil termasuk LNB dengan noise figure yang lebih baik dapat dihasilkan.
Ku-band adalah bagian dari spektrum elektromagnetik pada rentang frekuensi gelombang mikro. Simbol ini mengacu pada “-K di bawah” (awalnya Jerman: Kurz-unten) band-dengan kata lain, band ini langsung di bawah-K. Dalam aplikasi radar, berkisar dari 10,95 ke GHz sesuai dengan definisi formal tata-nama radar pita frekuensi, Standar IEEE 521-2002 14,5
Contoh spesifikasi:
* Local oscillator: 10.75 GHz
* Frequency: 11.7-13.2 GHz
* Noise figure: 1 dB typical
* Polarization: Linear
*North America DBS LNB
* Local oscillator: 11.25 GHz
* Frequency: 12.2-12.7 GHz
* Noise figure: 0.7 dB
* Polarization: Circular
*C-band
C band adalah nama yang diberikan untukbagian-bagian tertentu dari spektrum elektromagnetik, berbagai panjang gelombang radio serta
gelombang mikro yang digunakan untuk telekomunikasi jarak jauh. IEEE C-band berisiberbagai frekuensi yang digunakan untuk kebanyakan
transmisi satelit komunikasi. Untuk komunikasi satelit, microwave frekuensi C-band berperforma lebih baik dibandingkan Ku band (11,2 GHz sampai 14,5 GHz)
frekuensi c-band digunakan oleh sebagianbesar perangkat komunikasi satelit
* Local oscillator: 5.15 GHz
* Frequency: 3.4-4.2 GHz
* Noise figure: ranges from 25 to 100 kelvins
* Polarization: Linear
*Dual/Twin/Quad/Octo LNBs
Sebuah LNB dengan keluaran tunggal tetapi beberapa feedhorn untuk koneksi ke beberapa tuner (pada penerima terpisah atau penerima yang sama dalam kasus penerima PVR twin-tuner). Biasanya, dua, empat atau delapan keluaran disediakan. Setiap keluaran menanggapi tuner band dan pemilihan sinyal polarisasi independen dari keluaran lain dan “muncul” untuk memisahkan tuner ke LNB. Seperti LNB biasanya dapat memperoleh daya penerima terhubung ke salah satu output. output yang tidak digunakan dapat dibiarkan tidak tersambung (tapi tahan air untuk melindungi LNB secara keseluruhan).
*Quattro LNBs
jenis LNB yang khusus ditujukan untuk digunakan dalam instalasi piring bersama-sama untuk mengirimkan sinyal ke sebuah tuner. Quattro memiliki feedhorn LNB tunggaldan empat keluaran, masing-masing yang memasok salah satu sub Ku-band (band rendah / polarisasi horizontal, band tinggi / polarisasi vertikal, rendah / tinggi vertikal / horizontal) ke multiswitch multiswitch atau array, yang kemudian memberikan ke setiap sub-band tuner dihubungkan apabila dibutuhkan oleh tuner.
*Monoblock LNBs
Adalah unit yang terdiri dari dua LNB dan dirancang untuk menerima satelit berdekatan, biasanya 6 °. Sebagai contoh, di beberapa bagian Eropa, monoblock dirancang untuk menerima Hot Bird dan Astra 19,2 °E karena dapat menerima kedua satelit di piring tunggal tanpa memerlukan sebuah rotator yang mahal dan berisik. Sebuah keuntungan yang sama diberikan oleh LNB Duo untuk penerimaan sinyal secara simultan baik dari Astra 23.5 ° E dan Astra posisi 19.2° E
*Jenis band dari gelombang elektromagnetik
Berikut adalah jenis band dari gelombang elektromagnetik sebagaimana telah didefenisikan oleh Society of Great Britain (RSGB) atau Masyarakat Radio Inggris:
L band 1 to 2 GHz
S band 2 to 4 GHz
C band 4 to 8 GHz
X band 8 to 12 GHz
Ku band 12 to 18 GHz
K band 18 to 26.5 GHz
Ka band 26.5 to 40 GHz
Q band 30 to 50 GHz
U band 40 to 60 GHz
V band 50 to 75 GHz
E band 60 to 90 GHz
W band 75 to 110 GHz
F band 90 to 140 GHz
D band 110 to 170 GHz

Longitude

Garis bujur

M2V Mobile TV

M2V Mobile TV merupakan sebuah televisi berlangganan yang biasa ditonton di mobil. TVberlangganan ini memiliki lebih dari 20 saluran TV baik lokal maupun internasional.

Main Menu

Pilihan program yg akan atau bisa dijalankan

MetroTV

Adalah sebuah stasiun televisi swasta Indonesia. Stasiun ini resmi mengudara sejak 25 November 2000 di Jakarta.PT Media Televisi Indonesia merupakan anak perusahaan dari Media Group, suatu kelompokusaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh, yang juga merupakan pemilik surat kabar Media Indonesia. PT Media Televisi Indonesia memperoleh izin penyiaran atas nama”MetroTV” pada tanggal 25 Oktober 1999. Pada tanggal 25 November 2000, MetroTV mengudara untuk pertama kalinya dalam bentuk siaran uji coba di 7 kota. Pada awalnya hanya bersiaran 12 jam sehari, sejak tanggal 1 April 2001, MetroTV mulai bersiaran selama 24 jam. Dari awalnya memulai operasi dengan 280 orang karyawan,saat ini MetroTV mempekerjakan lebih dari 900 orang, sebagian besar di ruang berita dan daerah produksi.

MNCTV (dahulu bernama TPI)

Adalah stasiun televisi swasta Indonesia yang mengudara secara terestrial dari Jakarta. Namanya yang sekarang dipergunakan sejak 20 Oktober 2010.
MNCTV, dirikan dengan nama TPI, merupakan stasiun televisi swasta ketiga di Indonesia setelah SCTV. TPI didirikan oleh Mbak Tutut dan dulu sebagian besar sahamnya dimiliki olehPT Cipta Lamtoro Gung Persada.
Pada tahun 2009 sampai dengan tahun 2010,MNCTV tidak menyiarkan acara olahraga. Tetapi mulai tahun 2010 TPI kembali menyiarkan acara olahraga yaitu Liga UtamaInggris.

Modem (MOdulation/DEModulation)

Sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya.

Movie

Kumpulan beberapa scene. Movie berisi scene,object, effect, dan action karena semua unsure inilah sebenarnya yang membentuk animasi pada movie.

MPEG (Motion Picture Expert Group)

Suatu standard dan format file untuk video bergerak.

Multipleksing

Istilah yang digunakan untuk menunjuk ke sebuah proses di mana beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Tujuannya adalah untuk berbagi sumber daya yang mahal. Contohnya,dalam elektronik, multipleksing mengijinkan beberapa sinyal analog untuk diproses oleh satu analog-to-digital converter (ADC), dan dalam telekomunikasi, beberapa panggilan telepon dapat disalurkan menggunakan satu kabel.

Multiplekser (MUX)

Sebuah alat yang melakukan multipleksing danalat yang melakukan proses yang berlawanandisebut Demultiplekser, (DEMUX).

Multi Sistem

Suatu perangkat yg bisa dijalankan lebih dari satu sistim program.

Multi Screen

Tampilan yg bisa menjalankan lebih dari satu layar program.

Multimedia

Sistem dokumen, dll yang mengkombinasikan teks, grafik, suara, film atau media lain.

NTSC

Sistem televisi analog yang digunakan di Amerika Serikat dan banyak negara lainnya, termasuk Amerika dan beberapa bagian Asia Timur. Namanya diambil dari National Television System(s) Committee, badan industri pembuat standar yang menciptakannya. NTSC dikembangkan pada tahun 1950, yang mendefinisikan standar video yang dibuat sampai 525 garis scan horizontal setiap 1/30 detik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: