Rimbo Bujang's Blog

Selamat datang diblog anak Rimbo Bujang

ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA SATELIT (PART 1)

Posted by poer26 pada 09/12/2012

A / V Switching

Inggris ekspresi yang menunjuk perangkat elektronik. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan beberapa sumber audioyang video dan memilih mereka. Hal ini juga dapat diterjemahkan sebagai “audio pemilih / video.”

Actuator

Sebuah tabung hidrolik dengan sistim baut uliryg berputar yg berfungsi untuk menggeser posisi parabola.

ADC (Analog/Digital Converter)

Alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines)

Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video.
ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.

Asensio Rekta

Asensio rekta, atau dalam Bahasa Inggris disebut Right ascension (RA), dengan simbol α, adalah istilah astronomi yang dikaitkan dengan sistem koordinat ekuator. RA merupakan salah satu dari dua koordinat bolalangit pada sistem koordinat ekuator. Koordinat lainnya adalah deklinasi. RA bisa dibandingkan dengan garis bujur, diukur dari titik nolnya yang berada di titik Aries atau titik vernal ekuinoks. RA diukur dalam jam, menit, dan detik; dengan satu jam sama dengan 15 derajat.

AM (Amplitudo Modulation)

Jenis modulasi yang menggunakan amplitudo sinyal analog untuk membedakan keadaan sinyal digital.

Analog

Bentuk dari komunikasi elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik yang kontinu, seperti televisi dan radio.

Analog Sinyal

Gelombang elektromagnetik yang sinambung, memiliki kemampuan untuk dipancarkan melalui bermacam-macam media dan jangkauannya jauh lebih besar daripada sinyal digital.

Antena

Kawat atau seperangkat sistem kawat untuk memancarkan atau menangkap isyaratgelombang radio atau televisi

Antena Parabola

Antena parabola adalah sebuah antena berdaya jangkau tinggi yang digunakan untukkomunikasi radio, televisi dan data dan juga untuk radiolocation (RADAR), pada bagian UHFand SHF dari spektrum gelombang elektromagnetik. Panjang gelombang energi (radio) elektromagnetik yang relatif pendek pada frekuensi-frekuensi ini menyebabkan ukuran yang digunakan untuk antena parabola masih dalam ukuran yang masuk akal dalam rangka tingginya unjuk kerja respons yang diinginkan baik untuk menerima atau pun memancarkan sinyal. Antena parabola berbentuk seperti piringan. Antena parabola dapat digunakan untuk mentransmisikan berbagai data, seperti sinyal telepon, sinyal radio dan sinyal televisi, serta beragam data lain yang dapat ditransmisikan melalui gelombang. Fungsi antena parabola yang umum diketahui oleh masyarakat di Indonesia adalah sebagai alat untuk menerima siaran televisi satelit.

antv (dieja Anteve, singkatan dari Andalas Televisi)

Adalah suatu stasiun televisi swasta nasional Indonesia.
antv dimiliki oleh konglomerat muda Anindya Bakrie dan sekarang dikelola oleh yaitu Dudi Hendrakusuma, yang menjadi Presiden Direktur dari stasiun televisi ini. Konglomerat media asal Amerika Serikat, Rupert Murdoch, membeli sekitar 20% saham antv pada 30 April 2006 melalui perusahaannya di Hong Kong, Star TV. Pangsa pasar antv saat ini adalah sekitar 5% dari 180 juta penonton.

Amplitudo

Tinggi rendahnya tegangan dari sebuah sinyal analog.

Aora TV

Aora TV adalah stasiun televisi satelit berlangganan di Indonesia yang dioperasikan oleh PT Karya Megah Adijaya milik Rini M. Soemarno dan Ongki M. Soemarno.

Astro Nusantara

Astro Nusantara adalah stasiun televisi satelit berlangganan di Indonesia yang beroperasi sejak 28 Februari 2006 hingga 19 Oktober 2008. Stasiun televisi ini menjadikan siaran eksklusif Liga Utama Inggris sebagai jualan utamanya. Wilayah yang menjadi sasaran pemasaran adalah Sumatera, Jawa, dan Bali. Pada akhir tahun 2007, jumlah pelanggannya mencapai 145.000.[1] Sejak 20Oktober 2008 pukul 00.01 WIB, Astro Nusantara berhenti siaran karena berakhirnya lisensi penggunaan merek dagangAstro.

ATSC

Merupakan sistem penyiaran televisi digital yang diadopsi oleh Amerika Serikat, Meksiko dan Korea Selatan. Bisa dianggap ATSC merupakan digitalisasi sistem penyiaran NTSCsaat ini yang dipakai oleh ketiga negara di atas.

Automatic Frequensi Control (AGC)

Sebuah sirkuit yang secara otomatis mengontrol frekuensi dari sinyal.

Automatic Gain Control (AGC)

Sebuah sirkuit yang secara otomatis mengontrol gain dari amplifier sehingga tingkat sinyal output hampir konstan untuk berbagai tingkat sinyal input.

Azimuth

Ukuran sudut, letak bintang, verticality, tegak lurus, siku, ketinggian pemasangan, garis tegak lurus pemasangan.

B-Mac

Sebuah metode transmisi dan berebut sinyal televisi. Dalam transmisi seperti MAC (Komponen analog multiplex) sinyal adalah waktu-multiplexing dengan ledakan digital berisi suara digital, sinkronisasi video, otorisasi, dan informasi.

Backhaul

Sebuah saluran komunikasi terestrial yang menghubungkan stasiun bumi ke jaringan switching lokal atau pusat populasi.

Bandwith

Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second. Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit per second adalah 64 Kbps, yang artinya adalah 64 kilobit per detiknya atau 8 KiloBytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang sedang kita gunakan. Catatan 1Bytes = 8 bit

BASE

Dasar dari sistem angka, merupakan jumlah angka yang dapat ditampilkan di dalam suatu sistem. Misalnya dasar dari sistem desimal adalah sepuluh, dasar dari sistem biner adalah dua, dasar dari sistem oktal adalah delapan, dasar dari sistem heksadesimal adalah enambelas, dst.

Baseband

Output sinyal dasar dalam frekuensi yang diperoleh secara langsung dari kamera televisi, penerima satelit televisi, atau perekam video tape. Sinyal baseband dapat dilihat hanya pada studio monitor. Untuk menampilkan sinyal baseband di televisi konvensional diperlukan penetapan “modulasi” terlebih dahulu untuk mengkonversi sinyal baseband ke salah satu saluran televisi VHF atau UHF.

Baud

Satuan kecepatan sinyal digital, yaitu batasan yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kecepatan transmisi data. Biasanya dihitung dalam bit per detik.

Baud Rate

Jumlah bit (digit biner) yang bisa dikirim oleh sebuah komputer per detik.

Beamwidth

Dalam telekomunikasi, istilah beamwidth memiliki arti sebagai berikut:
Dalam hal radio, pola antena, sudut antara setengah kekuatan (-3 dB) poin dari lobus utama, ketika dirujuk ke daya terpancar puncak efektif dari lobus utama. Catatan: Beamwidth biasanya dinyatakan dalam derajat. Hal ini biasanya dinyatakan untuk bidang horizontal, tetapi juga dapat diungkapkan dengan bidang vertikal.

BISS (Basic Interoperable Scrambling System)

adalah sistem pengacakan sinyal satelit yang dikembangkan oleh European Broadcasting Union dan konsorsium produsen hardware. Halini memungkinkan siapapun diperbolehkan melihat materi program (siaran televisi) hanya dengan menggunakan peralatan yang telah disetujui/disediakan. Transmisi Biss dilindungi oleh sebuah “session key” 12 digit disetujui oleh pengirim dan penerima sebelum transmisi. Kuncinya (key BISS) dimasukkan ke kedua encoder dan decoder, dengan kombinasiyang benar maka key inilah nantinya yang akan mendekripsi bagian dari enkripsi sinyal TVdigital dan receiver.

Bit

Unit terkecil dari informasi. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off.

Bit error rate (BER) atau (Bit error ratio)

Merupakan sejumlah bit digital bernilai tinggi pada jaringan transmisi yang ditafsirkan sebagai keadaan rendah atau sebaliknya, kemudian dibagi dengan sejumlah bit yang diterima atau dikirim atau diproses selama beberapa periode yang telah ditetapkan.
Sebagai contoh, diasumsikan berikut ini urutan bit yang ditransmisikan:
0 1 1 0 0 0 1 0 1 1,
dan pada alat penerima akan menterjemahkan urutan bit sebagai berikut:
0 0 1 0 1 0 1 0 0 1,
Maka BER pada kasus ini ada 3 kesalahan penafsiran bit (yang digaris bawah) kemudian sebagai nilai BER yang dihasilkan adalah nilai kesalahan ini dibagi dengan sejumlah bit yang kirim yaitu 10 bit, sehingga didapatkan 0.3 atau 30%.

Bps (Byte per second)

Satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data di antara komputer, dihitung dari banyaknya bit yang dikirim per detik

Brightnes

Tombol pada monitor yang berfungsi untuk mengatur terang atau gelap cahaya pada layar.

Broad Band

Pada lingkungan LAN, alat ini menghubungkan komputer dengan sebuah kabel yang mampu membawa banyak sinyal dalam satu waktu; bahkan mampu membawa sinyal audio dan video.

Broad Band ISDN

Bentuk broad band dengan layanan terpadu, dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optik sebagai media transmisi.
Koneksi yang sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps sampai pada satu mil terakhir jaringan koneksi, baik dari provider ke konsumen (downstream) atau dari konsumen ke provider(upstream). (Komisi Komunikasi Pemerintah Federal AS).

Broadband Channel

Saluran data yang berkecepatan tinggi dan data akan dibawa oleh sinyal berfrekuensi tinggi.

Broadcast

Pengiriman pesan ke seluruh titik dalam suatujaringan.

Built-in

Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/menyatu di dalam perangkat lain.

Byte

Informasi dengan panjang 8 bit.

Byte Mode

Model pengiriman data yang dilakukan dengancara mentransfernya byte demi byte.

Wadah atau tempat melindungi

CATV

Merupakan singkatan dari CAble TeleVision atau biasa kita sebut dengan TV Kabel.

CCTV

Adalah penggunaan Video Camera untuk menampilkan gambar pada waktu dan tempat tertentu CCTV merupakan kepanjangan dari Closed Circuit Television, yang berarti menggunakan signal yang bersifat tertutup, tidak seperti televisi biasayang merupakan broadcast signal. pada umumnya CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di dalam industri industri seperti : Militer, Airport, Toko, Kantor, Pabrik bahkan sekarang perumahan pun telah menggunakan teknologi ini.
CCTV sebagai satu kesatuan system mepunyai beberapa perlengkapan yaitu :
1. Kamera
2. DVR (Digital Video Recorder)

Channel

Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkanCPU dengan peralatan lainnya.

Channel Service Unit

Sebuah alat pemroses sinyal digital yang berfungsi sebagai filter bagi sinyal yang dikirim ataupun diterima, sebagai buffer antara komputer pengguna danWAN, dan melakukan testing pada transmisi digital sehingga mencegah kesalahan dan kegagalan proses transmisi.

Chip

Bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit) atau sebutan untuk IC itu sendiri.

CIF (Common Intermediate Format)

Standar format video yang digunakan dalam video conferencing. Format CIF ditentukan oleh resolusi dan standar resolusi horisontal dan vertikal original. CIF dikenal juga dengan nama Full CIF (FCIF).

Client-Server

Suatu bentuk arsitektur dimana client adalahperangkat yang menerima (data) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola data dan keamanannya (server atau mainframe).

Coaxial Cable

Jenis kabel dengan inti dari tembaga dan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lain, diantaranya terdapat isolator. Memiliki kemampuan membawa data dengan kecepatan tinggi, dapat memuat bandwith tinggi dan tahan terhadap gangguan (noise). Kabel koaksial dianggap memenuhi standar IEEE/ISO sebagai media transmisi pada sistem jaringan komputer.

Code-Decoder

Alat yang mengubah data analog menjadi aliran bit-bit digital dan mengubah sinyal digital menjadi data analog.

Compatible

Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan.

Configuration

Metode penyusunan sistem atau bagian dari sistem berdasarkan sejumlah kemungkinan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: