Rimbo Bujang's Blog

Selamat datang diblog anak Rimbo Bujang

ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA SATELIT (PART 4)

Posted by poer26 pada 09/15/2012

OkeVision

OkeVision diluncurkan sejak pada tahun 2005 di Jakarta oleh PT. Nusantara Vision, sebagai sebuah lembaga penyiaran berlangganan jasa penyiaran televisi melalui Satelit di Indonesia.
Menggunakan Satelit Cakrawarta yang memungkinkan siaran OkeVision bisa diterima di seluruh pelosok wilayah nusantara.

Orbit

Garis atau sumbu perputaran suatu benda

PAL

Kependekan dari phase-alternating line, phase alternation by lineatau untuk phase alternation line (bahasa Indonesia: garis alternasi fase), adalah sebuah encoding berwarna digunakan dalam sistem televisi broadcast, digunakan di seluruh dunia kecuali di kebanyakan Amerika, beberapa di Asia Timur (yang menggunakan NTSC), sebagian Timur Tengah dan Eropa Timur, dan Prancis (yang menggunakan SECAM, walaupun kebanyakan dari mereka telah memulai proses menggunakan PAL). PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Bruch, yang bekerja diTelefunken, dan pertama kali diperkenalkan pada 1967.

Parabola

Antena televisi berbentuk bundar spt piring cekung yg dapat menangkap siaran jarak jauh

Palapa

Nama satelit komunikasi sistem domestik yg dimiliki Indonesia

Pitch

Dot pitch merujuk pada jarak, dalam milimeter, antara titik-titik yang berdampingan dan sama warnanya pada monitor. Umumnya, kalau jaraknya semakin dekat maka gambarnya jadi semakin tajam, jadi semakin rendah dot pitch semakin bagus.

Pixel

Picture Element, elemen terkecil citra digital yang bisa dilihat mata. Sensor citra secara fisik (dua dimensi) dibuat dari rangkaian ribuan sel yang peka cahaya. Tiap sel disebut pixel, pixel adalah titik-titik cahaya yang membentuk suatu objek di layar. Makin banyak jumlah pixel dalam suatu citra, makin besar resolusi spatial citra tersebut.

Plasma TV

Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya.

Platform

Dasar penopang sistem kerja suatu perangkat.

Polarisasi

Sifat pergerakan secara oscillasi dan menujuarah tertentu dan saling tegak lurus satu sama lain, serta tegak lurus terhadap arah rambatan.
Beberapa macam / jenis polarisasi: polarisasi linear, polarisasi melingkar, polarisasi ellips. Gelombang dengan polarisasi melingkar dan polarisasi ellips dapat diuraikan menjadi 2 gelombang dengan polarisasi tegak lurus. Polarisasi linear terjadi ketika cahaya merambat hanya dengan satu arah yang tegak lurus terhadap arah rambatan atau bidang medan listriknya.

Positioner

Sebuah perangkat yg berfungsi sebagai pengatur untuk menggerakkan suatu benda (baca: actuator)

Program

Acara

Quality

Kualitas, Jika dihubungkan dengan Digital Receiver, Signal Quality berarti kualitas sinyaltertinggi yang berhasil ditangkap oleh receiver.

Radio

Adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Radio amatir

Radio amatir adalah komunikasi dua arah melalui radio dengan status amatir yang telah diakui. Kegiatan Amatir Radio adalah kegiatan melatih diri dengan saling komunikasidan penyelidikan teknik radio yang diselenggarakan oleh para amatir radio. Paraamatir radio merupakan orang yang memiliki hobi dan bakat dibidang teknik elektronika radio dan komunikasi tanpa maksud komersial.Selain itu para amatir radio menggunakan radio amatirisme sebagai wadah dengan tujuan pribadi tanpa mencari keuntungan keuangan serta mendapat izin untuk mengoperasikan pesawat amatir radio. Makna amatir itu adalah seseorang yang menekuni suatu hobi tanpa dibayar, ia tidak dibayar untuk melakukan komunikasi, mempelajari lebih dalam lagi di bidang itu, dantidak dibayar demi kepuasan dan kesenangan hatinya sendiri.

Radar

Dalam bahasa Inggris merupakan singkatan dari Radio Detection and Ranging, yang berarti deteksi dan penjarakan radio) adalah suatu sistem gelombang elektromagnetik yang berguna untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat , berbagai kendaraan bermotor dan informasi cuaca (hujan).
Panjang gelombang yang dipancarkan radar adalah beberapa milimeter hingga satu meter. Gelombang radio/sinyal yang dipancarkan dan dipantulkan dari suatu benda tertentu akan ditangkap oleh radar. Dengan menganalisa sinyal yang dipantulkan tersebut, pemantul sinyal dapat ditentukan lokasinya dan kadang-kadang dapat juga ditentukan jenisnya. Meskipun sinyal yang diterima relatif lemah/kecil, namun radio sinyal tersebut dapat dengan mudah dideteksi dan diperkuat oleh radar

RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia)

Adalah stasiun televisi swasta nasional di Indonesia yang mengudara secara terestrial dari Jakarta.

Receiver

Sebuah mesin yang berfungsi sebagai perangkat untuk mengatur serta menjalankan suatu program channel digital???

Resolusi

Jumlah detail yang ditunjukkan dalam gambar atau layar.

Resonansi

Dalam fisika, resonansi adalah kecenderungansistem untuk berosilasi dengan amplitudo yang lebih besar pada beberapa frekuensi dari frekuensi yang lain.

RS 232

RS-232 ( adalah standar komunikasi serial yang didefinisikan sebagai antarmuka antaraperangkat terminal data (bahasa Inggris: data terminal equipment atau DTE) dan perangkat komunikasi data (bahasa Inggris: data communications equipment atau DCE) menggunakan pertukaran data biner secara serial.[1] Di dalam definisi tersebut, DTE adalah perangkat komputer dan DCE sebagai modem walaupun pada kenyataannya tidak semua produk antarmuka adalah DCE yang sesungguhnya.[1] Komunikasi RS-232 diperkenalkan pada 1962 dan pada tahun 1997, Electronic Industries Association mempublikasikan tiga modifikasi pada standarRS-232 dan menamainya menjadi EIA-232.[2]
Standar RS-232 mendefinisikan kecepatan 256 kbps atau lebih rendah dengan jarak kurang dari 15 meter, namun belakangan ini sering ditemukan jalur kecepatan tinggi padakomputer pribadi dan dengan kabel berkualitas tinggi, jarak maksimum juga ditingkatkan secara signifikan.[3] Dengan susunan pin khusus yang disebut null modem cable, standar RS-232 dapat juga digunakan untuk komunikasi data antara dua perangkatsecara langsung.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: